01/08/13

Waspadai Penyakit Ini Di Bulan Puasa

Penyakit, Penyakit adalah hal yang umun bagi kita semua.penyakit biasanya menyerang semua orang baik laki-laki maupun perempuan. penyakit bisa berasal dari musim atau pun karena sesuatu bisa alergi, bawaan lahir, garis keturunan dan masih banyak lagi. salah satunya adalah musim ramadhan 2013 ini.  ya memang kita sebagai kaum muslimin di wajibkan untuk menjalankan ibadah ouasa, namun

Berbagai gangguan dan godaan datang ketika kita menjalankan ibadah puasa, mulai dari menahan lapar, dahaga, nafsu dan lain sebagianya. Disinilah kita di tuntut untuk bersabar dan bertawakal kepada Tuhan yang Maha Esa. Selain berbagai godaan seperti di atas ada satu lagi masalah yang sering timbul apabila kita sedang berpuasa. Ya, benar penyakit. Lalu penyakit apa saja yang biasanya menyerang kita saat berpuasa.

1. Maag

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang cukup populer dan sering diderita ketika melaksanakan puasa wajib di bulan suci. Dengan gangguan penyakit maag ini tentu akan mengganggu aktivitas yang biasa Anda lakukan. Dengan nyeri pada bagaian lambung ini memang bisa diatasi dengan cara minum obat maag, tetapi bagaimana jika sedang berpuasa. Tentu Anda tidak bisa memakannya saat itu juga.

2. Sembelit

Penyakit yang timbul selanjutnya saat berpuasa adalah sembelit atau susah buang air besar. Penyakit sembelit ini apabila tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan ambeien, dengan rasa nyeri di saluran pencernaan akan membuat perut terasa kembung. Selain itu apabila dalam kondisi yang parah, maka ambeien sendiri dapat menyebabkan pendarahan.

3. Radang Pencernaan

Gejala radang pencernaan dimana naiknya asam lambung saat perut kosong merupakan hal yang biasa dialami beberapa orang saat sedang berpuasa. Gejala seperti rasa terbakar di sekitar ulu hati dan membuat tidak nyaman di perut dapat dicegah dengan menghindar makanan-makanan pedas saat berbuka dan sahur, selain itu hindari juga minuman bersoda serta makanan atau minuman yang rasanya asam.

4. Gula Darah Rendah

Gula darah rendah biasany memiliki gejalanya seperti lesu, pening, tubuh mudah lelah, konsentrasi yang buruk, sakit kepala serta pusing saat sedang melakukan aktivitas. Sebagai pencegahan sebaiknya kurangi asupan makanan yang terlalu manis saat sahur sehingga jumlah gula darah di dalam tubuh tetap seimbang. Selain itu turunnya gula darah juga disebabkan karena tubuh terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat atau makanan manis di saat sahur sehingga memicu tubuh memproduksi insulin lebih banyak.

Itulah beberapa penyakit yang biasanya muncul pada saat seseorang berpuasa. untuk itu pandai- pandai kita sendiri dalam pencegahanya dan menghindarinya.


Sumber : Berbagai Sumber

Artikel Terkait

Waspadai Penyakit Ini Di Bulan Puasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

6 Comments

01 Agustus, 2013 delete

paling sering kena gula darah rendah sama maag. tp bisa diatasi dgn makan makanan yang bergizi pas sahur dan buka.

Reply
avatar
01 Agustus, 2013 delete

Kalo aku paling sering sembelit. Sariawan juga lho...

Reply
avatar
01 Agustus, 2013 delete

tentu gan puasa jangan di buat lemas harus tetap semngat

Reply
avatar
05 Agustus, 2013 delete

kalau ane, seringnya sariawan..
kurang sayuran kalik yaa..

salam kenal :)

Reply
avatar
05 Agustus, 2013 delete

ya itu lah, terlalu banyak makan pedas2

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam di Bensap - Personal Blog Inspiration For E-learning, silahkan berkomentar sesuai artikel dan apabila ada artikel yang tidak bekerja silahkan berikan komentar di menu berikan masukkan.
Maaf, memasukkan link ke dalam komentar akan DIHAPUS.

Ttd : Beni Saputra