16/11/13

Anak Anda Batuk ? Minum Madu Biar Cepat Sembuh

Selamat malam kawan semua, tak terasa kita sudah memasuki akhir pekan, dan saatnya berkumpul dengan keluarga tercinta.
di sini saya ingin berbagi salah satu manfaat dari sebuah MADU, ya madu memang memiliki berjuta manfaat dan salah satu nya adalah bagi ANAK kita.

KONSUMSI sesendok madu sebelum tidur konon efektif meredakan batuk pada anak, karena memudahkan mereka tidur. Madu sebagai obat alami ternyata bukan sekedar mitos.

Dua penelitian, yakni dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation) dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan madu untuk membantu menenangkan batuk.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan sesendok madu setiap beberapa jam dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan kecil.

"WHO merekomendasikan madu untuk batuk di negara-negara berkembang di mana ada akses terbatas pada obat-obatan. Jadi meskipun bukti tidak kuat, ini menunjukkan, mungkin ada efek madu dalam batuk akut pada anak-anak," kata Dr Ronald McCoy,

Sebuah studi di AS menemukan, madu lebih baik untuk mengurangi frekuensi batuk dan gangguan yang ditimbulkan. Esens madu, dekstrometorfan, bahkan banyak digunakan sebagai bahan utama pada obat batuk.

Mengingat bahwa penelitian yang tersedia telah difokuskan pada anak-anak , belum jelas apakah madu juga membantu meredakan batuk pada orang dewasa.

Tapi selama seseorang tidak memiliki penyakit lain di mana mereka harus menghindari madu, seperti diabetes, tidak akan ada salahnya mencoba menambahkan madu pada asupan harian.

"Orang dewasa akan memerlukan dosis yang lebih tinggi dan peningkatan frekuensi (konsumsi madu). Tapi saya sarankan menambahkan madu dalam air jeruk hangat,".

Belum diketahui persis bagaimana madu membantu meringankan batuk pada anak. Penelitian mencatat, madu mengandung lebih dari 181 bahan alami yang berbeda, selain antioksidan dan sifat antimikroba.

"Selain melapisi tenggorokan dan memicu mekanisme menelan, manisnya madu kemungkinan mengubah sensitivitas serabut sensoris. Ada interaksi antara saraf-saraf lokal dalam sistem saraf pusat yang terlibat dalam regulasi mekanisme batuk," katanya.

Namun, madu tidak disarankan untuk anak di bawah usia 12 bulan, apakah mereka terkena batuk atau tidak. Sebab madu bisa menjadi sumber spora botulisme pada bayi, yang sangat jarang terjadi, namun sistem kekebalan tubuh anak tidak cukup berkembang untuk melawannya.

Sebaliknya, dia menyarankan memberi bayi pelukan, sejumlah kecil cairan secara teratur, dan membawa mereka ke dokter jika perlu.

Source : Suaramerdeka.com
Re Edit  by : Bensap

Artikel Terkait

Anak Anda Batuk ? Minum Madu Biar Cepat Sembuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Terimakasih sudah berkomentar dengan baik, sopan dan tidak mengandung spam di Bensap - Personal Blog Inspiration For E-learning, silahkan berkomentar sesuai artikel dan apabila ada artikel yang tidak bekerja silahkan berikan komentar di menu berikan masukkan.
Maaf, memasukkan link ke dalam komentar akan DIHAPUS.

Ttd : Beni Saputra