Penyebab Anda Terkena Insomnia

14
Insomnia. yeah mungkin kalian semua pernah merasakanya bukan, udah malam susah tidur pulak.
Akan tetapi jika insomnia terjadi terlalu sering, maka hal ini bisa menjadi masalah.
Seseorang dengan insomnia akan merasa sulit untuk tertidur atau sering terbangun pada malam hari.
Selain menyebabkan frustrasi dan kelelahan, insomnia mungkin terkait dengan berbagai masalah kesehatan.
Berikut adalah beberapa macam penyebab insomnia.

1. Stres

Insomnia umumnya terjadi ketika seseorang mengalami stres.
Stres bahkan bisa memicu insomnia kronis sehingga kembali ke pola tidur yang sehat mungkin akan menjadi sulit.
Sebagan orang dengan kondisi ini merasa cemas apakah mereka akan bisa tertidur.
Hal ini pada gilirannya memperparah insomnia karena orang tersebut dilanda kecemasan perihal bisa tidaknya mereka tertidur.

2. Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan sering mengganggu pola tidur. Orang dengan arthritis misalnya, berpotensi mengalami insomnia karena nyeri yang dirasakan membuat mereka tidak bisa tertidur.
Masalah jantung atau masalah pernapasan juga membuat penderitanya tidak bisa tertidur dengan nyenyak.
Kelenjar tiroid yang terlalu aktif bisa menyebabkan kegelisahan dan kesulitan tidur. Wanita pada masa menopause juga mungkin mengalami insomnia.

3. Obat dan Alkohol

Obat-obatan dan alkohol berpotensi memicu insomnia. Penyalahgunaan obat juga bisa menyebabkan gangguan tidur.
Namun, tidak hanya obat-obatan terlarang yang menyebabkan masalah tidur, obat yang diresepkan, seperti beta-blocker juga dapat menyebabkan tidur terganggu.

4. Gangguan Lain

Insomnia bisa terjadi karena pasangan yang mendengkur terlalu keras atau setelah selesai bekerja shift malam.
Kerja malam akan menyebabkan gangguan pada jam alami tubuh. Selain itu, insomnia jangka pendek bisa pula disebabkan oleh jet lag.
Terakhir, suasana kamar tidur yang tidak nyaman (terlalu dingin atau panas) berpotensi pula memicu insomnia.[]

Mungkin dari penyebab di atas kita bisa mengambil suatu tindakakan atas hal tersebut.

Tips Jitu Mengatasi Sakit Gigi

2
Sakit Gigi merupakan penyakit yang paling menjengkelkan. rasanya itu seperti apa ya ? tak bisa di bayangkan dengan kata - kata. memang salah satu jalan untuk menghentikanya dengan cara ke dokter gigi dan di cabut lah gigi itu. namun sebelum itu mungki cara ini bisa anda ikuti.Berikut adalah lima cara alami untuk mengobati sakit gigi, seperti dilansir top10homeremedies.com.

1. Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-bakteri dan anestesi yang membantu mengurangi sakit gigi. Teteskan sedikit minyak cengkeh pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit untuk mengobatinya. Anda juga dapat mencampur beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas diisi setengah dan menggunakannya untuk berkumur

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibiotik dan sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit pada gigi. Tumbuk satu siung bawang putih, tambahkan garam dan kemudian oleskan ramuan itu langsung pada gigi yang sakit. Ulangi perawatan ini selama beberapa hari.

3. Bawang merah

Bawang merah mempunyai sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat digunakan untuk mengontrol sakit gigi. Ambil satu siung bawang merah mentah dan kunyah selama beberapa menit untuk meredakan rasa sakit pada gigi. Jika Anda tidak bisa mengunyahnya, oleskan sepotong bawang mentah langsung pada gigi yang sakit. Ini akan membantu dalam membunuh kuman di dalam mulut yang menyebabkan infeksi.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji segar juga dapat meringankan sakit gigi. Kunyah satu atau dua lembar daun jambu biji. Kemudian oleskan gigi yang sakit. Atau godok 4-5 lembar daun jambu biji dalam segelas air. Tambahkan garam dan gunakan sebagai obat kumur.

5. Merica

Obat alami ini dapat sangat bermanfaat ketika gigi menjadi sangat sensitif. Ambil merica dan garam dalam jumlah yang sama dan campurkan dengan beberapa tetes air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta ini langsung pada gigi yang terkena dan diamkan selama beberapa menit. Ulangi proses ini setiap hari selama beberapa hari untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang.

Inilah lima cara untuk mengatasi sakit gigi. Namun ingat, ini hanyalah pengobatan sementara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi. Untuk perawatan yang lebih serius, segera berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi Anda.

Tips Diet Aneh, Tapi Berhasil

0
Bensap. Memang tak ada sesuatu yang cocok dengan diri kita bila tak ingin mencobanya, bisa saja itu bikin kita makin salah. salah satunya adalah dalam urusan diet. bila kita melakukanya dengan salah malah nanti hasilnya pun salah, tidak sesuai dengan harapan kita.

Diet bisa di bilang tren saat ini, baik melakukanya secara otodidak ( sesuai dengan feeling sendiri ) ataupun dengan saran dari orang kesehatan. memang kita perlu melakukan sesuatu hal yang bisa membuat diri kita itu bangga akan diri sendiri. namun bila salah melakukanya bisa malah jadi masalah.

Nah, berikut ada beberapa cara diet yang kurang tepat, atau melenceng namun banyak kesuksesnya dengan cara ini. berikut kutipan dari VEMALE.COM


Menikmati dessert saat sarapan pagi

Jangan makan kue, jangan makan manis-manis, jangan makan makanan penutup di pagi hari kalau tak mau gemuk. Demikian nasehat yang seringkali didengar kebanyakan orang. Tetapi, uniknya sebuah studi membuktikan bahwa ada orang yang justru kehilangan sebagian berat badannya karena makan menu dessert di pagi hari.
Dikutip dari Yahoo Shine, ternyata mereka yang makan menu dessert merasa kenyang lebih lama dan mendapatkan cukup sumbangan karbohidrat untuk melakukan aktivitas hariannya. Iapun tidak makan berlebihan jumlahnya di siang hari.

Memotong-motong makanan saat disajikan

Biasanya memotong makanan saat disajikan hanya dilakukan kepada anak-anak. Tetapi, ternyata cara ini efektif untuk membantu menipu otak bahwa makanan yang dimakan sudah terlalu banyak. Entah bagaimana, kemudian rasa puas dan kenyang akan muncul.

Olahraga pagi

Jika Anda membutuhkan sedikit latihan untuk membakar kalori, maka waktu terbaik adalah di pagi hari. Sebagian orang mungkin sulit melakukannya. Tetapi percayalah apabila Anda melakukan olahraga dengan disiplin setidaknya 15-20 menit setiap pagi, maka Anda bisa mendapatkan berat badan ideal. Tak harus selalu memaksakan diri ke gym kan?

Minum air es

Air es katanya bisa bikin gemuk? Ah itu hanya mitos. Penelitian justru membuktikan bahwa minum segelas air dingin sebelum makan akan membuat Anda kenyang lebih cepat. Sehingga Anda jadi tidak berlebihan saat makan sesuatu.

Sering makan

Nah, sering makan ini katanya bikin gemuk? Belum tentu jika Anda tahu triknya. Apabila Anda biasa makan tiga kali sehari, maka tingkatkan frekuensi makan Anda hingga 4-5 kali sehari. Caranya adalah dengan tidak menambah jumlah menu yang disantap. Melainkan dengan membagi tiga menu tersebut menjadi 4-5 kali santap.