Kebijakan Teknis Dapodik 2013

0
Selamat pagi kawan semua, salam sejahtera buat kita semua. Mungkin tak lama lagi kita/ khususnya para operator sekolah akan di sibuk kan dengan pelatihan, sosialisasi DAPODIK 2013.,  sebelum jauh apa itu DAPODIK !
DAPODIK secara singkatnya adalah ( Data Pokok Pendidikan ) atau seperti ini :


Sistem Pendataan Pendidikan Dasar adalah Pendataan yang dilakukan untuk seluruh entitas data pokok pendidikan yang bersifat individual dan terintegrasi dari 3 entitas data pendidikan (Satuan Pendidikan, PTK dan Peserta Didik) untuk jenjang dasar (SD, SDLB, SMP, SMPLB).
Pendataan yang bersifat satu pintu artinya hanya satu-satunya sistem pendataan resmi digunakan di lingkungan Ditjen Dikdas.
Pendataan ini merupakan pendataan individual baik dari satuan pendidikan, PTK Maupun Siswanya dalam satu aplikasi pendataan yang terintegrasi dan tidak berdiri sendiri-sendiri (parsial) dari sistem pendataan sebelumnya.
INSTRUKSI MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN No. 2 TAHUN 2011
Dengan terbitnya Instruksi Menteri Pendidikan No. 2 Tahun 2011, maka seluruh satuan pendidikan diwajibkan untuk melakukan pendataan melalui sistem yang telah disiapkan oleh unit utama (Ditjen Dikdas).
Data yang dikirimkan ke dalam sistem ini akan digunakan untuk seluruh penyusunan program pendidikan baik itu bantuan, hibah, tunjangan, subsidi dan lain-lain. Data yang bersifat individual merupakan prasyarat penyaluran dana untuk kegiatan transaksional kemedikbud dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota maupun satuan pendidikan.

dan tahun ajaran baru pun sudah berjalan mungkin baru 2 bulan, namun sebelum launcing aplikasi tersebut tentunya kita harus tahu petunjuknya sebelum menggunakanya. atau bahasa keren nya Kebijakan Teknis. bagi kalian semua Operator Sekolah yang mau download Kebijakan Teknis