Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

6
selamat pagi kawan semua. kali ini kita akan membahas tentang seorang wanita. wanita nama sih yang tidak pernah menstruasi ? pasti semua wanita menstruasi. dan pasti saat menstruasi itu datang akan terasa nyeri di perut.



Saat menstruasi tiba, rasanya tubuh tidak fit, emosi naik turun, perut nyeri, kram dan sebagainya. Semua hal tidak menyenangkan ini sering dialami wanita menjelang dan pada saat menstruasi. Tapi tenang saja, Anda bisa mengatasinya.
Nyeri saat menstruasi adalah hal yang normal, selama Anda masih bisa mengerjakan aktivitas harian. Walau begitu, rasa nyeri ini kadang mengganggu dan membuat konsentrasi menurun. Agar aktivitas Anda tidak terganggu selama menstruasi, lakukan saja..

Tidur Teratur, Hindari Begadang!
Saat menstruasi, tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri saat menstruasi. Hindari begadang dan tidurlah setidaknya 7 jam ketika Anda sedang menstruasi.


Perkecil Konsumsi Makanan Yang Mengandung Garam
Sering merasa badan 'bengkak' bahkan berat badan naik ketika menstruasi? Hal ini terjadi karena hormon meminta tubuh untuk mengikat air lebih banyak selama masa menstruasi. Anda bisa mengurangi efek 'bengkak' ini dengan mengurangi konsumsi garam. Garam dapat mengikat lebih banyak cairan tubuh, sehingga tubuh makin terasa 'bengkak'. Makanan yang banyak mengandung garam .


Konsumsi Lebih Banyak Zat Besi
Saat menstruasi, wanita lebih sering terkena anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal inilah yang sering membuat kita lemas, pandangan kabur, bahkan pingsan. Karena itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, antara lain daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.


Jangan Sampai Dehidrasi
Selama masa menstruasi, Anda mengeluarkan lebih banyak cairan. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cairan. Perbanyak minum air putih atau buah yang mengandung banyak air. Hindari minuman bersoda atau kopi yang dapat membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.


Senam Menstruasi
Saat menstruasi, bukan berarti Anda hanya bisa bermalas-malasan. Kurangnya aktivitas fisik justru memperparah nyeri di perut saat menstruasi. Lakukan senam ringan yang dapat mengurangi nyeri di sekitar perut dan pinggang. Contohnya adalah senam menstruasi di bawah ini

Gunakan pakaian yang nyaman, Anda hanya butuh area kecil untuk melakukan senam ini, waktunya juga tidak lama, sekitar 3 menit saja. Anda pasti bisa melakukan senam di atas, karena gerakannya sangat mudah.

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda. Punya tips lain? Silakan bagi di kolom komentar.

sumber : Vemale.com