Telah Hadir Aplikasi Terbaru, Dapodikdas 2013

Telah Hadir Aplikasi Terbaru, Dapodikdas 2013

0
selamat pagi kawan semua. tak terasa rasanya kita menunggu cukup lama untuk menanti aplikasi baru untuk sekolah, yaitu aplikasi dapodikdas, ya memang kita menanti aplikasi baru ini cukup lama juga.

Himbauan dari Tim pendataan pusat:

kami informasikan hal2 yg perlu dipersiapkan oleh sekolah terkait launching dapodikdas 2013 :1. Pastikan aplikasi dapodikdas yg diunduh adalah versi aplikasi 2.00 (infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id) http://118.98.166.59/2. Pastikan prefill yg digunakan adalah yg versi final (ekstension .prf)3. Jika pernah menginstall aplikasi versi demo/trial/ujicoba, segera lakukan uninstall aplikasi versi demo tsb.4. Jika pernah menggunakan prefill lama (ekstension .pre) segera hapus dr komputer anda5. Pastikan menggunakan aplikasi dan prefill (sprti point 1 dan 2)6. Masing2 sekolah wajib menggunakan user email aktif dan unik tdk boleh email yg sama dg skolah lain sbg user email. Akibatnya fatal7. Pastikan kodereg yg digunakan adalah milik skolah anda, cek isinya. Jika bukan jgn lanjutkan. Karena akan merugikan skolah lain8. Pastikan kodereg yg digunakan adalah pemberian dr pusat atau dinas kabkota, selain itu kode ilegal9. koordinasikan dg kepsek dan dinas setempat ketika mulai melakukan pendataan memastikan sluruh tools yg digunakan adalah yg update10. Jaga baik2 kodereg skolah anda, krna bersifat rahasia, confidential. Jgn skali2 tukar menukar koderegistrasi atau mengexpos ke publik11. Segera input data dan lakukan distribusi formulir cetak utk pd baru dan ptk utk updating entri data12. Tentukan komputer yg akan digunakan hanya 1 PC saja, karena tidak ada back up lokal utk pindah2 PC13. jaga baik2 password yg digunakan hanya ops yg di tunjuk kepsek yg berhak mengupdate data

pemahaman aplikasi dapodikdas berbeda dengan aplikasi yang lama.

Sekarang kita hrs mengunduh Prefill Dapodik tp dgn syarat hrs punya Koreg. Nah ada juga yg blm Paham apa itu yg disebut Prefill Dapodik. Pada App Dapodik 2012 dulu kita mengenalnya File DB (Backup Local Dapodik) nah jgn bingung sebenarnya Prefill Dapodik = DB/Backup Local yg isinya sama-sama "OTAK/DATA dlm Dapodik yg sdh kita entry".
Jd simpulannya Prefill_Dapodik adlh Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan dipackage ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasi versi 13.01.


Aplikasi pendataan 2013 adalah aplikasi berbasis web, untuk itu diperlukan server untuk menjalankan aplikasi web ini dan web browser untuk mengoperasikan aplikasi. Pastikan komputer Anda telah terinstall dengan web browser terbaru, karena web browser versi lama tidak bisa mendukung/menjalankan aplikasi ini. Disarankan untuk menggunakan Google Chrome atau Firefox.
Perlu diketahui & disampaikan juga yg dimaksud dgn applikasi berbasis web itu bkn berarti "Full Online" tp bisa juga dikerjakan dlm keadaan "Offline" cuman untuk mengirimkan data Sikronisasi ttp mengirimkan secara Online. Jd tuk pengerjaannya bisa Offline apabila sdh Fix datanya maka dipersilahkan koneksikan dgn Internet tuk mengirimkan datanya. Jd kesimpulannya kita bisa mengerjakan dlm keadaan Offline. 
"Klik Aplikasi maka akan tampil tampilan Applikasi Dapodikdas di Chrome/Firefox"

Semoga Bermanfaat