Perbandingan Android & Windows Phone

1
Sebagian orang tidak tahu apa sih kelebihan OS mobile kamu, apa kamu memakai Os Android atau yang lainya. orang - orang awam seperti kita hanya tahu nya memakai saja bukan. kali ini saya akan membahas perbedaan OS mobile yang sedang ngetren saat ini yaitu Android dan Windows Mobile.Karena kedua sistem operasi tersebut lebih menonjol ketimbang lainnya, baik dalam hal fitur maupun aplikasi yang tersedia.

Jika kita telaah sebentar,Perbedaan Android dan Windows Phone yang pertama dari sisi pembuatnya. Android merupakan sistem operasi yang dinaungi oleh perusahaan ternama berjuluk Google.inc, sedangkan Windows Phone dikembangkan oleh Microsoft. Kedua produsen ini sama-sama tenar dan unggul di banding lainnya. Windows Phone cenderung lebih muda ketimbang Android.

Nah, setelah kemunculan Windows Phone yang diusung produsen ternama seperti HTC dan Nokia dengan seri Lumianya, banyak yang berfikir dua kali antara pilih android atau Windows Phone. Oleh karena itu, Tabloid Gadget akan membahas tentang Perbedaan Android dan Windows Phone yang semoga menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilihnya, simak aja gan.

1. Windows Mobile

Windows Mobile adalah sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft. OS windows mobile biasanya hanya digunakan pada ponsel jenis PDA Phone yang harganya lumayan untuk kalangan ekonomi menengah kebawah, namun biasanya pengguna HP dengan OS ini hanya kalangan pebisnis yang ekonominya lumayan. Biasanya sebanding dengan harga 1 buah laptop, tergantung dari merk dan spesifikasinya.
Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC.
Keunggulan windows mobile adalah :
1. Sebagian besar teknologi IT (Information Technology) yang dipakai berbasis Windows, kecocokan dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software. Komputer dipandang bahwa Microsoft dianggap lebih ideal dibandingkan Symbian atau Linux.
2. Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS,
menonton televisi, serta Mobile Database.
Kelemahannyan adalah Windows Mobile bersifat tertutup sehingga sulit bagi software
developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.

2. Android


Android adalah sistem operasi terkini sebuah ponsel besutan perusahaan raksasa Google. Sistem operasi ini sudah mulai digunakan oleh vendor terkemuka dibidang PDA berlayar sentuh yaitu HTC diikuti oleh vendor lokal IMO yang barangkali ingin mencoba sedikit peruntungannya. Mengandalkan berbagai fitur milik Google yang kabarnya menjadi ancaman
bagi perusahaan lainnya sekelas Microsoft dan Yahoo. Android berusaha mencuri perhatian melalui Maps, Search hingga browsernya yang diklaim jauh lebih ringkas dan cepat. Sayangnya keterbatasan budget kantong pribadi menjadi salah satu kendala untuk menjajal sistem operasi ini. Masih berharap Google bakalan menyediakan Simulator Developmentnya seperti halnya BlackBerry dan Windows
Mobile tempo hari.
Saat ini yang mendominasi pasar adalah OS Symbian dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 48 persen. Ini berarti terjadi penurunan dari 58 persen di 2008. Walaupun Ovum memprediksi pengapalan Symbian akan mencapai 168 juta unit di tahun 2015, jumlah pangsa pasarnya akan terus terkikis sampai ke kisaran 30 persen. Penyebabnya adalah karena adanya pertumbuhan adopsi OS Android. Ovum memprediksikan pengapalan Android akan mencapai 110,8 juta di tahun 2015 dan diperkirakan OS ini akan melampaui pengapalan Windows Mobile di 2014.


Perbedaan Android dan Windows Phone :

1. Aplikasi yang tersedia
Windows Phone : OS ini menyediakan Marketplace sebagai tempat unduhan bermacam aplikasi berbayar maupun gratis. Sampai saat ini, aplikasi yang tersedia masih tergolong sedikit. Aplikasi yang ada pun masih banyak yang berbayar.
Android : OS ini berbasis Linux, sehingga memudahkan para programmer membuat aplikasi-aplikasi baru dan bebas untuk didistribusikan. Dan ini yang menjadi Android lebih unggul ketimbang WP, selain banyak aplikasi yang tersedia, aplikasi yang adapun banyak yang GRATIS.


2. Tatap Muka ( User Interface )
Windows Phone : Sistem operasi ini memiliki fitur tatap muka yang menarik dan berbeda dengan OS lainnya, ciri khasnya adalah tampilan kotak-kotak yang berjajar rapi nan simple sehingga disebut moder UI.
Android : Keunikan UI OS ini terletak pada widget dan layout yang bisa kita atur sedemikian rupa sesuka kita, sehingga kita tidak bosan dengannya. Mau tahu Perbedaan Android dan Windows Phone lainnya? simak terus gan.

3. Koneksi
Windows Phone : Dengan jaringan 3Gnya, sehingga WP memiliki daya jelajah dengan kecepatan tinggi. Tapi, sayangnya WP 7 tidak menyediakan fitur bluetooth, jadi memaksa penggunanya untuk mengunduh aplikasi untuk pengiriman foto. Tapi tenang, untuk WP 8 sudah ada fitur bluetooth ini kok gan.
Android : Seperti halnya WP, Android juga memiliki kecepatan akses yang tinggi. Tapi jika kita mengaktifkan koneksi, cenderung boros pulsa. Salah sedikit pulsa kita langsung ludes. Berbeda dengan Windows Phone, walaupun koneksi aktif, tapi butuh konfirmasi terlebih daluhu dari si pengguna.

4. Keamanan
Windows Phone : Perbedaan Android dan Windows Phone yang terakhir adalah soal keamanan. Sampai saat ini, WP diakui sebagai OS yang paling aman, karena belum ada malware yang bisa menembus keamanannya.
Android : Akibat Open Source, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dengan membuat malware. Tetap waspada saja gan

Dari beberapa ulasan tentang Perbedaan Android dan Windows Phone tersebut, masing-masing OS memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan kali ini tergantung dengan kitanya sendiri, jeli jelilah memilih ponsel dan semoga artikel ini menjadi pertimbangan serius anda.

Mungkin itu saja gan informasi yang bisa ane berikan tentang Inilah Perbedaan Android dan Windows Phone semoga bermanfaat.


Kerajaan Baru Internet

0
Internet didominasi oleh dua "kekaisaran", yaitu Google dan Facebook, menurut para peneliti di Oxford University di Inggris.

Seperti yang ditunjukkan oleh peta di atas, Google mendominasi sebagian besar Barat dan India, sementara Facebook merajai Timur Tengah, Afrika Utara dan sebagian besar wilayah Amerika yang berbahasa Spanyol.

Meski Facebook telah menguasai potongan besar pasar Internet global, para peneliti menunjukkan bahwa di negara-negara tempat media sosial sangat populer, Google tidak tertinggal jauh di belakang.

"Di antara 50 negara di mana Facebook menjadi laman yang paling dikunjungi, 36 di antaranya menempatkan Google di tempat kedua, dan sisanya menempatkan YouTube (yang saat ini dimiliki Google)," menurut riset tersebut.

Sementara itu Asia memperlihatkan keberagaman, dengan mesin pencari Baidu milik China mendominasi setengah miliay pengguna Internet di negara itu. Para peneliti juga menemukan bahwa Baidu merupakan situs top di Korea Selatan, namun mereka mengakui bahwa mungkin ada keganjilan data. Di pihak lain, hal itu dapat juga mencerminkan ambisi-ambisi Baidu di luar China.

Jepang dan Taiwan merupakan kekecualian di Asia karena Yahoo! merupakan situs paling populer di kedua negara tersebut.

Meski data mengenai Afrika sub-Sahara belum tersedia, "sebagian besar negara yang memiliki populasi Internet yang signifikan sudah tercakup. Kenya, Madagaskar, Nigeria, dan Afrika Selatan termasuk dalam kekaisaran Google, sementara Ghana, Senegal, dan Sudan dikuasai Facebook,” menurut riset tersebut.

"Sepertinya kita masih ada dalam awal Periode Kekaisaran Internet. Namun wilayah-wilayah yang terbentuk sekarang akan memiliki implikasi-implikasi penting untuk melihat perusahaan-perusahaan mana yang akan mengontrol bagaimana kita berkomunikasi dan mengakses informasi di tahun-tahun mendatang," menurut kesimpulan penelitian tersebut.

Data yang digunakan dalam riset ini dikumpulkan dari perusahaan Alexa, yang telah menyediakan analisis web sejak 1996.


Sumber : VOA Indonesia.