Mengenang Kembali Sumpah Pemuda

0
Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bahwa tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan. Oleh karena itu sudah seharusnya segenap rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli.


Sumpah Pemuda sendiri sudah menunjukkan tekad yang bulat akan pengakuan satu tanah air, bangsa dan bahasa persatuan, meskipun pemuda-pemuda tersebut berasal dari berbagai suku dan golongan/organisasi yang berbeda dari seluruh penjuru tanah air, dan membawa Indonesia menuju integritas ke arah kemerdekaan.

Butir –butir kalimat Sumpah Pemuda tidak hanya disusun untuk menjadi hasil yang membantu kaum muda menjawab kebutuhan kemerdekaan dari penjajahan, melainkan lebih dari itu merupakan spirit yang terus terpatri dalam sanubari para pemuda. Spirit yang dibangun atas kesamaan dan cita-cita yang di landasi perasaan senasib dan sepenanggungan sebagai suatu bangsa.