Fakta Di Balik Mimpi

0
Selamat malam kawan semua, apa kalian pernah bermimpi saat tidur ? tentunya sebagian banyak orang mimpi bukan. mungkin tidak tahu ada banyak fakta yang tak bisa di ungkapkan dalam mimpi.

Ketika tidur, semua orang pasti pernah bermimpi. Entah itu mimpi buruk atau mimpi yang menyenangkan. Namun, sebenarnya mimpi tak hanya sebatas bunga tidur seperti yang dikatakan banyak orang. Sebab, ada fakta-fakta menarik di balik mimpi.

1. Sebagian besar mimpi tidak terlalu menyenangkan
Sebuah penelitian di tahun 2008 menegaskan bahwa mimpi adalah bias negatif. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa mimpi cenderung jadi menakutkan karena pada dasarnya seseorang sedang mempersiapkan usaha agar bisa bertahan hidup guna mengantisipasi kenyataan hidup yang ada.
"Pada dasarnya, mimpi yang sebenarnya adalah mimpi buruk sebab kita dipengaruhi oleh ancaman yang kita khawatirkan dalam hidup, bahkan ketika tidur," jelas dr Ross Levin, psikolog dan spesialis gangguan tidur di Yeshiva University, New York City.

2. Mimpi bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan
Studi terbaru menunjukkan bawa mimpi buruk kadang terkait dengan kondisi jantung dan migrain. Bahkan, dr Patrick McNamara, ahli saraf di Boston University Medical School mengatakan bahwa infeksi pada tubuh bisa meningkatkan jumlah gelombang tidur.
"Sehingga tidur kita jadi terlambat dan lama-kelamaan saat tidur kita juga dipengaruhi kesadaran hingga menyebabkan mimpi yang 'nyata' dan halusinasi yang aneh," kata Patrick.

3. Mimpi basah juga dialami wanita
Meskipun banyak penelitian yang menemukan bukti bahwa pria mencapai orgasme selama bermimpi, wanita pun mengalami hal itu. Penelitian tahun 1986 terhadap mahasiswa, menemukan bahwa 37 persen wanita mengalami orgasme nokturnal (orgasme saat bermimpi).

4. Mimpi bisa melumpuhkan Anda meski sesaat
Selama fase tidur rapid-eye movement (REM), otot akan menjadi lumpuh meskipun terkadang ada orang yang bermimpi melakukan kegiatan seperti berlari atau melompat. Penelitian telah menunjukkan bahwa dua sistem kimia otak yang kuat bekerja sama untuk melumpuhkan skeletal otot selama tidur REM.

5. Saat bermimpi penglihatan lebih baik daripada pendengaran
"Mimpi cenderung bersifat lebih visual dari pendengaran sebab pendengaran pun harus dirangsang dengan sentuhan. Sehingga, mayoritas kemampuan yang digunakan saat bermimpi adalah melihat," kata dr Robert Stickgold dari Harvard Medical School.

6. Kita semua bermimpi setiap malam
Anda mungkin tidak terlalu ingat mimpi Anda tapi para ilmuwan mengatakan bahwa setiap orang bermimpi di beberapa titik saat tidur. Anda hanya bisa tidak bermimpi ketika mengalami gangguan di otak atau akibat beberapa penyakit.

7.) Kita Hanya Memimpikan Apa Yang Kita Ketahui 
Seringkali kita bermimpi berada di tempat yg asing dan bertemu dengan orang-orang yg tidak kita kenal. Tapi sebenernya otak kita tidak asal menciptakan itu, sebenernya semua itu sudah pernah kita liat cuma kita sendiri tidak mampu untuk mengingatnya lagi. Mungkin kamu pernah mimpi dikejar-kejar orang asing pakai golok yg mau bunuh kamu tapi mungkin aja itu dalam kehidupan nyata orang itu adalah temen bapak kamu yang ketemu di mall waktu kamu masih umur 5 tahun. Sepanjang hidup kita sudah pernah melihat ratusan ribu wajah dan tempat, para ahli percaya kalo memori otak kita punya kemampuan yang luar biasa untuk merekam itu semua, jadi otak tidak akan pernah kehabisan “aktor dan setting” yg akan di replay dalam mimpi kita!

8.) Mimpi Itu Tidak Seperti Apa Yang Terlihat
Apa yg kita lihat dalam mimpi sebenernya merupakan simbolisasi dari hal lain. Otak kita itu kreatif saat kita tidur, dia akan menggali database memori kita sedemikan dalamnya sampai sering kita sendiri takjub dengan mimpi aneh kita (padahal semuanya sumbernya dari semua apa yng sudah pernah kita alami sebelumnya). Bagaikan puisi mimpi yang merupakan penggambaran simbolisasi yg sangat dalam. Itulah sebab mengapa banyak orang yg tertarik dengan buku tafsir mimpi

9.) Tidak Semua Orang Mimpinya Berwarna.
Menurut penelitian 12% orang normal mimpinya selalu hitam-putih, lainnya bisa mimpi full color (kaya tipi aja).

10.) Kita juga cenderung mengalami mimpi dengan “tema” yg sama
Misalnya: Mimpi di sekolah, Mimpi dikejar-kejar, Mimpi lari dalam gerak lambat atau lari tapi gak maju-maju, Mimpi basah, Mimpi bisa terbang, Mimpi jatuh, mimpi gigi copot, mimpi gagal lulus ujian, mimpi kecelakaan, dan Mimpi ketemu orang yg udah mati

Sumber : Berbagai Sumber