Ramadhan, Yuk Siapakan Diri Kalian.

Ramadhan, Yuk Siapakan Diri Kalian.

4

Ramadhan, ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah buat kita semua, baik tua muda kakek nenek dan masih balita. ramadhan adalah bulan suci. mungkin tidak lama lagi atau sekitar 4-5 hari lagi kita akan menghadapi semuanya. dalam menyambut bulan nan suci ini kita pun harus mempersiakan diri kita baik jasmani maupun rohani. jasmani bisa dari kesehatan kita, rohani nya bisa dari kesiapan kita untuk berpuasa penuh selama 1 bulan. dan kesiapan kita untuk menhindari sifat ataupun hal2 yang bisa membuat puasa kita tidak sempurna.

SUDAH SIAP KAH ANDA BERPUASA

berikut tips dari saya  :

  1. Hal yang paling urgent menurut saya terutama bagi para cewe karena halangan haidh ataupun sakit adalah sudahkan kalian membayar hutang puasa di bulan Ramadhan yang lalu?, kalau belum..bersegera yaa..! X_X

  2. Agar kita menjalankan ibadah shaum (puasa) ini dengan hati tenang dan ikhlas, mari kita cek lagi di daftar list-list hutang kita (materi atau uang / barang / janji), mungkin masih ada hutang yang belum terbayar atau ada janji-janji yang belum tertunaikan. Sebisa mungkin lunasi semua agar tenteram hati kita. Semoga Alloh meringankan kita dalam melunasinya.

  3. Namun bekal yang paling utama yang mesti kita betul-betul persiapkan adalah Bekal Iman. Kenapa bekal iman? Karena dalam Al Qur’an yang diseru untuk berpuasa adalah orang-orang yang beriman. “Wahai orang – orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana yang telah diwajibkan atas orang–orang sebelum kalian” [QS. Albaqarah : 183]. Di Indonesia yang mempunyai durasi shaum kurang lebih dua belas jam dari sahur hingga buka tentu terasa lama kecuali kita punya bekal iman. Belum lagi saudara/i kita dibelahan dunia lainnya yang punya durasi waktu shaum yang lebih panjang dibanding kita sudahlah tentu bekal iman sangat extra dibutuhkan.

  4. Bekal selanjutnya adalah Bekal Ruhiyah (bekal rohani). Sebelum berjumpa dengan Ramadhan, kita bisa menyesuaikan atmosfir ruh kita seperti pada atmosfir ketika kita sudah di bulan Ramadhan yaitu dengan shaum sunnah, tilawah Al Qur’an, shalat sunnah, do’a dan berinfak.

  5. Bekal Ilmu. Bekal ilmu penting agar kita punya panduan tentang ibadah Ramadhan. Kita bisa dapatkan dengan membaca buku, artikel dari sumber yang akurat agar kita tahu mana ibadah yang sunnah dan yang bukan atau mana yang lebih prioritas. Oleh sebab itu kegiatan Tarhib Ramadhan diadakan supaya membina kita agar ibadah kita lebih berkualitas.

  6. Bekal Jasad pun merupakan hal yang harus kita persiapkan, misalnya dengan berolahraga ringan dengan kadar yang pas serta menjaga pola makan yang sehat (konsumsilah buah dan sayur yang merupakan sumber makanan berserat, serta banyak minum air putih)

  7. Bekal Harta menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Apalagi jika kita mempunyai agenda i’tikaf (berdiam di masjid dengan tujuan beribadah). Bagi yang berkeluarga, sebaiknya mempersiapkan hal ini dengan teliti jangan sampai ber-i’tikaf meninggalkan anak dan istri tanpa bekal belanja. Dan bagi anak kost sisihkan uang untuk transportasi pulang-pergi dari awal bulan :P