Tips Aman Facebook

2
selamat pagi kawan semua, berjumpa lagi dengan saya nie. kali ini admin ingin membahas sedikit tentang facebook. yupz facebook sudah di bilang untuk saat - saat ini merupakan merajai semua duni maya, dimana kita di sana bisa berinteraksi dengan semua orang bahkan antar benua. tak mungkin bisa di elakkan tentunya kejahatan pun selalu ada. baik itu di lakukang orang iseng - iseng aja maupun dengan maksud tertentu.
berikut admin kasih tips aman kita bemain facebook yang admin kutip dari Naked Security.

Tak Sembarangan Sebar Profil Pribadi 

Hal ini sangat penting agar tidak sembarang orang dapat melihat profil Anda. Caranya, klik ikon pengaturan yang ada di pojok kanan layar. Kemudian pilih Privacy Setting dan pilih ‘Privacy’. Kemudian muncul jendela Privacy Settings and Tools dan Anda bisa mengatur siapa saja yang diperbolehkan lihat profil Anda. Adapun pilihan yang tersedia, antara lain Public, Friends, Only you, dan Custom.Jika Anda ingin membatasi posting-an lama Anda untuk dilihat oleh teman-teman Anda di Facebook, maka Anda dapat mengklik Activity Log atau bisa memilih ‘Limit the audience for old posts on your timeline’. Sehingga, semua posting-an Anda hanya dapat dilihat oleh teman-teman terdekat Anda.

Kendalikan Facebook

Dalam Privacy Setting and Tools, Anda juga bisa memilih siapa saja yang dapat menghubungi Anda. Secara default, ini dibentuk untuk memungkinkan teman-teman dan orang-orang yang Anda kenal untuk dapat mengirimkan pesan pribadi melalui kotak masuk di situs.Selain itu, Anda juga bisa membatasi siapa saja yang dapat mengirimkan Friend Request. Secaradefault, siapa saja bisa mencoba untuk berteman dengan Anda di Facebook, tetapi jika Anda lebih suka untuk membatasinya maka Anda dapat mengubah pengaturannya. Sehingga, hanya teman dari temannya Anda (mutual friends) yang dapat menambahkan Anda sebagai temannya.

Membatasi Orang Masuk 

Pilihan terakhir dari fitur Privacy Settings and Tools ini juga memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa saja yang dapat menemukan Anda melalui pencarian dengan alamat email atau nomor telefon.Pilih ‘Who can look me up?’ lalu klik Edit di sebelah baris “Who can look you up using the email address or telephone number you provided?”, maka Anda dapat memilih ‘Friends of friends’ atau ‘Friends’ saja.

Mengatur Pemberitahuan Login

Kini Facebook dapat mengirimkan pesan peringatan setiap kali ada orang yang berusaha mengakses akun Anda sembarangan dari komputer atau perangkat lain yang tidak dikenal. Untuk melakukannya, Anda dapat memilih ‘Security’ pada baris kedua dalam Privacy Settings. Kemudian, klik Edit di samping notifikasi Login dan pilih apakah Anda ingin menerima email atau pesan teks. Selanjutnya, klik Save Changes.

Aktifkan Persetujuan Login

Setiap kali Anda mengakses akun Facebook melalui browser, Anda bisa mengatur raksasa jejaring sosial tersebut untuk mengirim kode ke ponsel Anda yang diperlukan untuk bisa Login.Cukup navigasikan kursor Anda ke ‘Lohin approvals’ dan klik Edit. Kemudian centang kotak ‘require a security code to access my account from unknown browsers’. Klik ‘Save Changes’. 

Mencegah Facebook Terkena Phising

Mungkin dari anda sudah pada tahu tentang kejahatan dunia internet dengan istilah phising atau fake login facebook, sebenarnya kejahatan dengan phising sangat mudah dihindari yaitu dengan metode memperhatikan URLnya, seperti pada gambar dibawah ini lihat dan perhatikan bahwa URL facebook yang asli adalah www.facebook.com (Pengguna PC), m.facebook.com (Pengguna Mobile), touch.facebook.com(Pengguna Touchscreen) atau facebook.com (Pengguna disesuaikan menurut perangkatnya) dan pastikan setiap anda mengetikan URL harus menggunakan https:// bukan http:// jika bukan dari alamat situs asli facebook jangan pernah melakukan login sembarangan karena bisa jadi itu adalah jebakan. Yang pasti tampilan facebook asli sama fake login hampir sama persis yang penting anda bisa memperhatikan URLnya jika perlu gunakan pertanyaan rahasia, tipsnya misal: dimanakah ibu anda lahir? Jawab saja “tahu dan tempe” misalkan, lagian toh facebook juga menyetujuinya.

mungkin itu saja yips aman kita bermain facebook. ingat kata bang napi " INGAT.....
KEJAHATAN TIMBUL TIDAK HANYA ADA NIAT DARI PELAKUNYA SAJA....
MELAINKAN JUGA ADANYA KESEMPATAN... JADI....
WASPADALAH...WASPADALAH..... ".