Happy Birthday Google.15 years

0

Siapa yang tak kenal “Mbah Google” ini? Mesin pencari di internet ini ternyata belumlah setua julukannya.Google baru berumur lima belas tahun (15 tahun Google). Pada Jum’at ini, 27 September 2013, Google secara resmi merayakan ulang tahun ke-15 sejak didirikan pada 1998.
Halaman depan Google.com menampilkan doodle bertema ulang tahun. Anda juga dapat bermain-main dengan doodle tersebut untuk mendapatkan “hadiah” dari mereka.



Jika Anda mengakses situs Google pada hari ini, Jumat, 27 September 2013, maka Anda akan langsung menemukan tampilan Google Doodle interaktif berupa permainan Pinata. Ini adalah permainan populer di Meksiko yang kerap dipakai untuk memeriahkan pesta ulang tahun.
Seperti permainan Pinata sungguhan, para pengguna Google pun diajak untuk ikut memukul wadah berbentuk bintang warna-warni yang berisikan permen. Dengan menggunakan tombol spasi pada keyboard, para pemainnya diberi kesempatan memukul sebanyak 10 kali dengan tongkat untuk mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya.

Google didirikan di Menlo Park, California, AS, pada 4 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin saat keduanya masih menjadi mahasiswa program Ph.D di Universitas Stanford.
Namun sesuai dengan perjalanan waktu, Google kemudian memilih tanggal 27 September sebagai hari ulang tahun yang dirayakan setiap tahunnya.

Google terus semakin berkembang. Tak hanya sebagai mesin pencari, layanan Google pun kini meliputi email (Gmail), instant messaging (Gtalk), video-sharing (Youtube), jejaring sosial (Google+), hingga sistem operasi untuk smartphone dan tablet (Android).

Google juga bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus dan membeli Motorola sebagai pengembangan bisnisnya serta mengembangkan kacamata canggih bernama Google Glass

Entah apa yang dipikirkan Page dan Brin saat mendirikan Google 15 tahun lalu. Namun, Google kini telah tumbuh menjadi raksasa teknologi di usia remajanya.


Selamat ulang tahun, Google!