Keuntungan Nokia Bila Mengadopsi Android Di OS Nya

0
Meski belum ada konfirmasi apapun dari pihak Nokia, namun rumor yang beredar luas di dunia maya mengindikasikan bahwa Nokia cepat atau lambat akan segera mengadopsi sistem operasi Android. Bahkan, ramalan sejumlah analis juga mengarah pada 'tuduhan' yang serupa.

Sebelumnya laman New York Times di bulan September 2013 lalu sempat mengungkapkan bahwa Nokia sebenarnya sempat mengembangkan sebuahsmartphone Android. Namun sayang, kini divisi perangkat dan layanan Nokia sudah kadung dikuasai oleh Microsoft. Proses akusisinya sendiri belakangan dikabarkan bakal segera rampung di awal tahun 2014.

Sebenarnya tak sedikit pihak yang meyakini Nokia dapat kempali sukses di pasar perangkat mobile jika mulai mencoba merilis produk berbasis Android. Bahkan sekitar bulan Januari lalu, CEO Nokia Stephen Elop pernah menyatakan bahwa Nokia memang tidak berencana untuk menciptakan perangkat berbasis OS dengan logo robot hijau itu, namun kemungkinan tetap saja ada.

Namun sebenarnya apa keuntungan bagi Nokia jika turut merilis smartphone Android? Menurut lamanBGR, ada 4 keuntungan yang bakal mereka raih.

1. Popularitas Nokia meningkat

Patut diakui jika Android adalah sistem operasi terpopuler dan memiliki basis pengguna terluas di dunia saat ini. Dengan begitu, Nokia pun akan kembali ikut terangkat popularitasnya. Bahkan tak menutup kemungkinan mereka akan kembali merebut titel 'raja ponsel' seperti yang sempat mereka kuasai di era 90-an.

2. Berpotensi menyaingi Samsung

Selain Samsung, sejumlah produsen perangkat mobile Android lainnya dinilai memiliki performa yang biasa-biasa saja. Sebut saja LG, HTC ataupun Lenovo yang angka penjualan perangkatnya biasa-biasa saja.

Melihat peluang itu, Nokia sebagai 'pemain lama' di indutri perangkat mobile seharusnya bisa lebih unggul. Tak menutup kemungkinan jika nantinya Nokia akan menjadi pesaing ketat Samsung di segmensmartphone Android.

3. Market share meningkat

Keuntungan Nokia diyakini akan semakin meningkat jika ikut merilis produk Android. Pasalnya mereka akan mendapatkan market share yang lebih besar karena bermain di dua ekosistem sistem operasi, Windows Phone dan Android.

4. Menguasai segmen low-end

Smartphone Android dikenal dengan smartphone murah. Jika merilis produk Android, Nokia tampaknya bisa ikut menyasar dan memperkuat segmen low-end dengan merilis smartphone berharga terjangkau.

Di Windows Phone mereka cukup sukses dengan merilis seri Lumia 520 dan 620 untuk segmen low-end. Maka kenapa tidak mungkin jika hal tersebut pun mereka praktekan dengan menggunkan sistem operasi Android.