Mengenal Storage Device Secara Sederhana

0
Mengenal Storage Device Secara Sederhana - apa sih maksud dari judul di atas ? mungkin tanda tanya bagi kita semua bukan !. apa itu Storage Device yang muncul di benak kawan - kawan semua ? penjelasan secara singkat begini :
Storage device adalah suatu peralatan hardware yang dirancang untuk menyimpan informasi.
dan di sini saya hanya akan berbagi sedikit saja jenis - jenis Storage Device, berikut :

1. Flash Memory

Flash memory bisa di sebut juga sebagai Storage non-volatile berbentuk chip yang dapat di hapus secara elektronis dan diprogram ulang. Flash Memory bisa di temukan pada Flashdisk, Memory Card, dan SSD.

2. HDD

HardDisk Drive adalah sejenis Storage Device yang menggunakan media penyimpanan berbentuk piringan logam yang di-package dalam housing / enclosure metal. ia dimaksudkan sebagai alat penyimpanan permanen dalam komputer. kelebihan utama HDD adalah kapasitanya yang sangat besar. kecepatan transfer rate tergantung kepada kecepatan putar daari media piringan dan juga controller I/O, baik internal maupun eksternal.

3. SSD

pengembangan dari storage flash agar didapatkan karakteristik ruang penyimpanan besar dan juga transfer rate tinggi. ia di-package dalam bentuk hard drive yang biasanya mengikuti ukuran HDD dari mobile PC ( 2,5 inci ). namun, pada perkembangan interface mSATA, SSD juga mulai hadir dalam bentuk add-on card yang bisa dipasangkan pada mSATA slot.

Demikian lah penjelasan sederhana dari saya. 

Semoga Membantu kawan - kawan semua.